Kamis, 20 Agustus 2015

Menanam seledri/ daun sop

Assalamu 'alaikum
Hai temans, saat ini saya ingin berbagi cara menanam daun sop aka seledri.
1. Penyemaian
Benih seledri itu kecil banget temans dan beraroma khas. Semai kali ini saya menggunakan 2 metan yaitu sekam bakar dan juga menggunakan flanel. Untuk penyemaian, bisa baca disini . Seledri agak sedikit berbeda dengan sayuran yang lain. Seledri cukup lama sprout, sekitar 5 hari sampai 14 hari. Pengalaman saya, yang kain flanel lebih duluan sprout dari pada sekam bakar.

Semai menggunakan kain flanel yang digulung
2. Pindah tanam dan pemberian nutrisi
Seledri membutuhkan 1260-1680 ppm dengan ph 6,5 dan masa panen mulai dari 120 hss.(bisa lebih cepat)
Cara pemberian nutrisi model saya, biasanya akan saya bagi berdasarkan hari panen nya dan bertahap. Hal ini dapat mengurangi botling atau ketuaan dan biasanya jika pemberian nutrisi ketinggian, maka tanaman akan bantet, kecil dan daun menjadi kaku berwarna hijau tua.
a. Untuk semai sampai berdaun 4 = belum ada nutrisi.
b. Untuk selanjutnya, saya naikin pelan-pelan, seminggu naik 100 ppm
c. Sampai sekarang , ppm seledri nya di kisaran 1000-1200 ppm saja

Ada yang beda seledrinya,, hemm

3. Hama
Hama yang menyerang daun sop yaitu kutu kebul, haduh,, banyak sekali. Sya sering bersihkan dengan mitesin atau pun dengan pestisida nabati dari bawang putih. Tak ketinggalan spidermite (ampun kali sama hama ni), dan ulat bulu, terus kutu seperti kutu kebul, tetapi berwarna hitam.

4. Panen
Seledri dipanen dengan memetik daun yang paling bawah dan sudah tua. Saya mulai semai di 1 April 15 dan sampai saat ini seledri saya masih menghasilkan bahkan banyak banget anakan nya, saya sampai kejar2an ama seledri nya tuk mindahin anaknya. 

Wah,., enak juga ya temans menanam seledri. Cukup beberapa biji akan menghasilkan banyak sekali anak,, jadi bisa diperbanyak tanpa biji. Sistem yang saya pakai di seledri ini masih sistem wick tapi tanpa sumbu, akar langsung menggenang saja di air nutrisi, berikut penampakannya:




anakan seledri nya udah mulai muncul.. rame yahh


Alhamdulillah..
gimana temans? seru bukan? Kalo mau masak mi hun, saya bisa ambil daun sop dan sawi manis nya di kebun mini super duper saya,,hehehe.. Tidak sulit bukan?!
Mari mulai menanam sayaur, hijaukan rumah kita, dan mulailah dari hal kecil. Menanam tidak harus mahal kan?
Wassalam

2 komentar:

  1. assalamualaikum mba, saya seneng banget sama blog nya mbaa

    sy mau tnya nih sebagai oragfn baru berhidroponik

    kenapa setiap sy pindahkan ke netpot selada saya or sawi pasti mati yahh


    mba menggunakan sistem wick atau nft yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum mbak amrianda,,
      terima kasih sudah main ke blog saya.
      soal pemindahan ke netpot nya sudah saya balas di postingan satu lagi ya mbak..
      Sya gak pakai wick mbak,, ribet bersihin sumbunya. Ini lebih ke DWC (Deep water culture ) mbak, air nya langsung mengenai nutrisi dengan catatan tetap ada jarak dari air nutrisi ke bawah pot. ( Bawah pot tidak terendam keseluruhan ). Ketika mindahin, saya biasanya ngeluarin akarnya dari lobang2 cup es cream nya, jadi saya gak harus nunggu akar keluar dari lobang cup.

      Ohya mbak.. blog nya seru deh, review persiapan pernikahan nya oke banget.. jadi berasa pengen jadi pengantin lagi ,,heheheeh

      Hapus