Rabu, 19 Agustus 2015

Menanam kangkung goyang : kangkung hemat tanpa metan

Assalamualaikum...
Hai temans, kali ini saya mau share cara untuk menanam kangkung goyang aka kangkung tanpa metan. Oh ya, sebelumya ini juga sudah banyak di internet, boleh d lihat2 deh. Disini, saya mencoba untuk share pengalaman saya menanam kangkung ini.
Berikut step nya:
1. Siap kan besek (baskom bolong2 , biasa nya digunakan wadah makanan saat wirit). Lebih baik yg bolongan besar, karena nanti batang akan semakin besar, jika besek lobang kecil, batang nya hanya akan sebesar lobang kecil tsb, tidak akan lebih. Kemudian, siapkan wadah, disini saya pakai rantang dan diisi air. Usahakan rantandg nya lbh kecil dari besek, sehingga bisa menjepit besek untuk tidak jebluk. Siapkan benih kangkung, dan yang terakhir tisu biasa.
2. Letakkan besek diatas rantang dan letak tisu di atas nya. Air harus mengenai tisu dan dibuat becek2
3. Letakkan benih d besek, jangan terlalu banyak ya , sesuaikan tempat
4. Tutup dengan plastik hitam dan letakkan di ruangan gelap.

Saya semai di jam 10 pagi, biasanya benih2 tsb sudah sprout (pecah dan berkecambah), langsung kenalkan dengan sinar matahari ya, agar tidak kutilang. Ingat ya, begitu kelihatan sedikiiittt saja kecambah nya, langsung kenalkan sinar matahari. Temans, jgn lupa dijaga airnya ya, jgn sampai kekeringan. Nanti ketika akar udah muncul, air di wadah tidak perlu sampai mengenai besek, berikan jarak antara air dan bawah besek. Ini agar tidak busuk.
Untuk penyemaian, memang agak sedikit ribet, karena kunci tumbuh baik nya tanaman ada di penyemaian.. jadi jgn sampai kutilang ya :-)

Pemberian nutrisi:
Misalnya saya semai tanggal 1, dari tanggal 2 sampai berdaun 4, saya belum kasih nutrisi, masih air biasa.
1.  Ketika tanaman sudah berdaun 4 (perhitungan tidak mesti 14 hari ya), saya mulai memberikan nutrisi sampai minggu kedua sebesar 1000 ppm dengan perbandingan 5 ml pekatan a + 5 ml lekatan b +1 liter air. Untuk nutrisi, saya masih memakai ab mix.
2. Minggu ke 2 sampai hari ke 26, saya kasih nutrisi 1400 ppm, dengan perbandingan 7:7:1
3. Nah, 2 hari sebelum panen, saya biasanya memberikan air biasa saja tanpa nutrisi. Tgl 28, saya mulai mengeksekusi kankung goyang yang tak seberapa ini :D

Saya panen dengan cara memotong batang nya dan menyisakan sedikit batang yang memiliki ruas. Cara seperti ini bisa sampai 2x panen. Kalau lebih, zat purin nya tinggi, tidak baik untuk orang penderita asam urat.
Tapi saya lebih memilih panen langsung cabut akar semua, kata suami saya, lebih enakan yg seperti ini.. hehehe

Oh ya, kangkung ini rakus air banget ya, apalagi kalau cuma pake rantang kecil seperti saya, pagi tambah nutrisi 1/2 liter, sore udah habis, dan harus isi lagi..
Bisa dibuat dengan wadah lebih besar.

Nah temans, seru kan?! Kita tidak perlu netpot dan metan (rockwoll dsb), sehingga bisa lebih hemat. Gimana? Tertarik mencoba? Saya tunggu postingan punya temans ya.
Yukayuk mulai menanam sayur, gak mesti punya halaman lebar kok. Kita bisa memulai dari yang sederhana. Menanam gak mesti mahal kan..
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar