Kamis, 20 Agustus 2015

Menanam pakcoy

Assalamu 'alaikum
Hai temans, kali ini saya sedang rajin nulis. Hahahah,.. saya akan share tanaman-tanaman saya. Yuk mari..
Saya mulai menanam pakcoy di bulan April, bersamaan dengan seledri. Pakcoy sejenis sawi. Ada pakcoy yang putih dan ada yang hijau. Punya saya Pakcoy yang berbatang hijau merk Super King. 
1. Penyemaian.
Untuk semai, cara nya masih sama. Kali ini saya menggunakan kain flanel yang digulung2. Temans boleh baca disini ..
Setelah berdaun 4, kira2 umur 2 minggu, saya mulai memindahkan kedalam pot es cream yummy2 saya dan mulai memberikan nutrisi, berikut penampakannya:


Pakcoy memerlukan 1050-1400 ppm dengan ph 7 dan dapat dipanen 40-60 HSS (hari setelah semai)
Temans, sepertinya kalo saya lihat, ph air saya tidak cocok untuk pakcoy.  Hal ini kelihatan dari kuning2 yang ada di pinggiran daun. Penyerapan nutrisi tanaman tidak sempurna. Sementara untuk sawi baik2 saja, sawi ph 5,5-6,5. Berhubung saya tidak punya ph meter, jadi saya nebak2 saja deh,, :)

2. Pemberian nutrisi
Untuk pakcoy, saya memberikan nutrisi nya sama seperti sawi, perlakuan nya juga sama, boleh baca disini .

3. Hama
Haduduh,, kalo untuk hama, jenis sawi-sawian ini cukup rame temans, mulai dari spidermite (laba2 merah kecil) yang bisa menyebabkan daun bintik2 putih, trus ada lagi hama yang bolongin daun pakcoy saya (gak tau namanaya, blum kenalan :p). Sementara untuk leafminer, saya belum menemukan di pakcoy saya. Tapi kalo di daun sawi manis dan Melon saya sih ada.. Caranya saya potes daun yang terkena hama dan saya bakar. Soalnya leafminer ini cepat banget nyebarnya.

4. Masa Panen
Saya panen nya sama seperti sawi manis. Berikut penampakannya:







Wah,, udah pada sedep blum lihat pakcoy saya? hehehe,, Yukayuk mulai menanam sayur, gak mesti punya halaman lebar kok. Kita bisa memulai dari yang sederhana. Menanam gak mesti mahal kan..
Wassalam

3 komentar: