Kamis, 20 Agustus 2015

Menanam mint dari stek batang

Assalamualaikum temans..
Bener2 kerajinan menulis saya ini.. hahha
Beberapa waktu yang lalu, saya berniat untuk menanam daun mint yang rencana nya akan saya letak diantara seledri2 saya untuk mengurangi hama. Saya membeli satu pot seledri mungil yang cantik. Lupanya saya , saya malah letak d bawah saja, habis nya mint nya di lalap si mickey.. hiks.. nyesek loh.. barusan foto mint cantek eh malah di panen.
Dua hari kemudian, teman saya mengabarkan angin sorga.. #tsaaah.. hahaha .. ada mint yg d jual plus batang nya di swalayan (saya ada lihat yg d jual daun nya saja), dan tinggal 4 bungkus lagi. Haduh.. harus cepat ini.. tanpa ba bi bu, langsunh cus.. beneran tinggal 1 lagi . Alhamdulillah masih disisakan untuk saya.
Berikut step nya:
1. Bersihkan daun mint, buang daun2 bawah yang sudah tua, sisakan beberapa helai daun di setiap batang nya.
Hal ini dpt mengurangi penguapan berlebihan
2. Masukkan ke dalam gelas berisi air dan letak d tempat teduh
3. Biasanya sekitar 2-3 hari akan muncul akar2 halus di sekitar ruas2 nya. Artinya: selamat anda berhasil.. hehehe.. kayak kuis aja

Selanjutnya tinggal merawat, saya pindahkan mint yg dah berakar ke pot es cream yummy2 saya yg telah saya bolongin bawah nya, jadi batang yang berakar keluar dan langsung menyentuh air nutrisi. Untuk kebutuhan nutrisi nya, sama seperti seledri 1400. Jadi saya selipkan beberapa mint di antara daun seledri saya. Tidak beberapa lama, muncul tunas baru d ruas2 batang nya. Bisa temans potong lagi untuk memperbanyak ya.. :-)
Termasuk daun mint saya yang dimakan mickey, alhamdulillah masih bisa tersenyum..keluar tunas2 nya dari ruas sisa nya.. 


Oh y, bisa juga klo temans mau langsung pindahin ke pot tanpa diletak di gelas, tp saya belum pernah mencobanya, mohon maaf saya belum bisa share ya..

Semoga bisa membantu ya temans.. yuk mulai menanam .. Wassalam

Berikut penampakan nya :

1 komentar:

  1. Terima kasih sudah sharing artikel bermanfaat tentang Mint. Baca dulu ilmunya baru menanam.

    Silahkan mampir juga di toko herbal online abadi herbal

    Thanks & Sukses Ya

    BalasHapus