Rabu, 09 September 2015

Menanam okra aka kacang lendir aka bendi

Assalamualaikum semua..
Apa kabarnya temans? Mudah2an sehat selalu.. amin..
Kali ini saya mau cerita tentang menanam okra. Okra disebut juga kacang lendir atau bendi (di malaysia ). Biasa nya digulai.. hm.. saya juga lom pernah nyoba sih... kata2 nya enak.. hehehe
Yang pasti nya, okra ini banyak manfaat nya.
Kebetulan saya ada lihat pohon okra hijau (ada yg hijau ada jg yg merah) di halaman tetangga nya suami saya. Alhamdulillah, mertua saya dikasih bibit nya.. dapat lah saya bibit okra satu buah.. alhamdulillah.

1. Penyemaian
Tahap penyemaian sama seperti tanaman yg lain. Disini saya pakai sekam bakar + cocopeat yg diletak di besek dah diberi rantang berisi air di bawah nya. Kenap saya tidak pakai tisu saja? Biasa nya saya semai pake tisu saja.. hehehe.. akhir2 ini saya sering keluar, takut kekeringan dan yg lebih parah takut terbang seperti kangkung saya. Terjun bebas dari lantai 2, rantang nya pecah, tp kangkung nya gak apa2.. hahha.. kebetulan seminggu lagi panen.. kangkung tahan banting bangetttt!!!!
Saya semai tanggal 5 jam 19:00, alhamdulillah 2 hari dah sprout..tanggal 7 dah saya jemur barengan ama cabe rawit yang saya semai..
Hemm.. sebenarnya sih lom sprout2 , tp berhubung saya semai nya baru n saya gabungkan ama cabe, ketika cabe sprout, saya jemur aja semua.. #orangmalas..
Hhhhahha


Tanggal 22 sept 15, okra nya sudah berdaun 4, boleh lah dikasih nutrisi 400 ppm. Kebetulan cabe juga dah berdaun 4 sekalian saja  :D
Berikut penampakan semaian nya.. nanti saya sambung lagi ya ceritanya

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar